Jumat, 03 Mei 2013

RENDERING FARM

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Rendering Farm atau biasa disebut juga dengan Render Farm. Mungkin sebagian kalangan umum ada yang belum mengetahui sih itu Rendering Farm? pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu Rendering. 

Rendering adalah suatu proses untuk mengubah model geometri menjadi suatu gambar. Untuk melakukan proses render biasanya membutuhkan waktu yang lama, terutama untuk rendering gambar yang photo-realistic. Untuk mengatasi masalah tersebut pemanfaatan sumber daya grid sebagai suatu rendering farm dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan. nah itu adalah sebagai pengenalan utnuk kalian agar mengetahui apa itu Rendering.

Rendering Farm adalah sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersama sama untuk melakukan proses render.


Untuk membangun suatu rendering farm maka dibutuhkan suatu software pembantu yang dapat difungsikan sebagai tools untuk melakukan proses parallel rendering. Yadra adalah salah satu tools yang dapat digunakan untuk membangun sebuah rendering farm. Yadra akan sangat efektif bila digunakan untuk merender suatu animasi, sebab yadra bekerja dengan cara memecah dan mendistribusikan frame dari le animasi kepada setiap komputer. Proses memecah frame dilakukan secara manual oleh user dengan cara melakukan ssh pada tiap komputer client. Dalam tugas akhir ini yadra akan diimplementasikan pada sistem grid yang telah ada di Jurusan Teknik Elektro, selain itu program bantuan juga akan dibuat untuk mempermudah user dalam menggunakan yadra.


Rendering sendiri adalah salah satu topik utama dalam dunia 3D Grafik Komputer. Rendering tidak hanya digunakan pada game programming. Rendering juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator, movie atau juga spesial efek pada tanyangan televisi yang ada. Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan keseimbangan dalam proses pembuatan Remndering Farm itu sendiri, seperti pada fitur dan teknik dalam rendering. Dalam bidang 3D Graphics sendiri rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang dilakukan pre rendering sebelum rendering dilaksanakan. Per rendering sendiri adalah proses pengkomputeran secara intensif ,yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, menggunakan grafik card dan 3D hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.
Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Prose ini bertujuan untuk untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tersebut melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.

Pada dasarnya proses render farm adalah membagi tugas rendering ke komputer-komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan. Pembagian tugas untuk masing-masing komputer tersebut dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :
  • Render manager : komputer yang digunakan untuk membagi tugas rendering.
  • NAS : network storage yang digunakan untuk menyimpan hasil render
  • Render slave : komputer yang hanya digunakan untuk render.
Dengan demikian itu adalah sedikit pengertian dan pengenalan tentang apa itu Rendering Farm. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kalian para pembaca :)





Referensi :
http://nurmanto.com/pengertian-rendering-dan-fungsinya/
http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100009034972/5673
https://en.wikipedia.org/wiki/Render_farm
http://herypurwanto.com/2013/05/


 

1 komentar:

  1. Kira - kira total berapa komputer yang harus digunakan gan?

    bagi agan yang berminat belajar desain 3D bisa dilihat di situs berikut ini Kursus 3D di Denpasar

    BalasHapus